+62 812.333.444.555 info@kampoengdurian.com

Kampoeng Duren Pati adalah salah satu lokasi ekowisata Kampoeng Duren yang dikelola secara profesional dengan teknologi terkini di bidang pangan dan agrobis. Dengan bantuan tenaga-tenaga ahli akademisi dari UNS Solo, kebun durian ini kelak akan menjadi salah satu sentra tujuan wisata durian di kawasan Jawa Tengah.

Bagi para pecinta buah durian, terutama di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya, sangat disayangkan apabila belum pernah merasakan legitnya buah durian khas Jawa Tengah sambil mencoba sensasi panen buah langsung dari pohonnya. Di kebun durian yang dikelola oleh PT Rumpun Sari Antan ini, anda akan bebas memilih dan menikmati buah durian dengan harga yang pas di kantong, sembari menikmati jalan-jalan di seluruh area ekowisata bersama keluarga.

Mengusung tema “mendem duren nang Kampung Duren”, diharapkan para wisatawan akan benar-benar merasakan legitnya durian yang sudah disiapkan bibitnya secara khusus dan dipantau sejak dari persemaian. Di area kebun durian Kampoeng Duren ini mengkhususkan diri pada dua jenis varietas unggul buah durian yaitu durian Bawor dan durian Musang-King. Dikembangkan dengan sistem investasi kemitraan yang terbuka bagi masyarakat luas untuk ikut memiliki tanaman  durian sendiri.

Durian Musang King

Durian Musang King adalah salah satu varian durian asal negeri jiran, yang ditemukan di daerah Gua Kelantan, Tanah Merah, Malaysia, dan disebut-sebut sebagai salah satu jenis durian terbaik. Pertama kali dikenal pada tahun 1990, jenis durian ini langsung disebut-sebut sebagai jenis terbaik di kelasnya. Durian Musang King atau di negara asalnya dikenal dengan sebutan mao shan wang yang artinya raja kucing.

Hasil panen dengan kualitas durian yang stabil membuat populasi durian Musang King ini semakin berkembang. Pihak Kementerian Pertanian Malaysia bahkan sudah mencatat varietas durian ini sebagai varietas durian ke-197. Alhasil buah ini mendapat kode D-197.

Apa Ciri-Ciri Durian Musang King?

Ada beberapa hal yang patut diketahui sebelum salah dalam membeli. Dimulai dari daun hingga buah. Daunnya berbentuk memanjang dan runcing, bukan lebar seperti jenis lain. Untuk warna, daunnya berwarna agak kuning. Nantinya daun dapat tumbuh lebat asal terpapar sinar matahari yang baik dan cukup.

Dari segi batang tidak terlalu berbeda dari jenis lain pada umumnya. Ia tumbuh tegak dengan ranting yang banyak juga kuat. Akarnya termasuk akar tunggang dan terbagi menjadi tiga: primer, tersier dan sekunder.

Ciri yang mencolok dapat terlihat di buahnya. Duri yang terdapat pada buah berbentuk piramida dengan tepian yang rata. Bentuk buahnya juga cukup berbeda dari jenis biasanya. Jika biasanya buah durian berbentuk bulat, jenis ini berbentuk lonjong seperti bola rugby. Ciri unik lainnya adalah batang induk buahnya berwarna coklat dan agak botak. Di bagian pangkal buah menyamping ada lima garis tanpa duri yang menyerupai bintang laut.

Harga buah durian jenis Musang King ini tergolong tinggi sehingga keuntungan hasil panen jelas ada di depan mata.

Durian Bawor

Keanekaragaman buah durian Indonesia memang sangatlah luar biasa. Mulai dari durian meoreh, durian petruk, durian merah hingga durian pelangi asal dari manokwari papua. Nah salah satu jenis durian lokal lainnya yang wajib anda coba adalah DURIAN BAWOR.
Lalu apa saja keunggulan durian bawor?
Durian Bawor dikenal dengan ukuran buah yang sangat besar hampir sama dengan durian montong, bobot satu buahnya bisa mencapai berat sekitar 4,5 hingga10 kg/buah. Selain itu, buah durian bawor memiliki daging buah yang tebal dengan warna daging kuning keorenan. Untuk soal rasa? buah durian bawor ini menawarkan sensasi rasa manis dengan sedikit rasa pahit khas buah durian lokal indonesia.
Durian bawor merupakan salah satu jenis durian khas banyumas. Penggemar durian bawor memang sangat tinggi hal ini membuat pemintaanya tinggi. Tentunya juga membuka peluang usaha budidaya durian bawor yang menguntungkan. Potensi bisnis budidaya durian bawor ini memang sangat menjanjikan.

Budidaya durian bhineka bawor tergolong mudah. Pohon durian bhineka bawor dapat tumbuh dengan baik pada dataran rendah sampai dataran tinggi. ketinggian ideal untuk tumbuh durian bhineka bawor adalah 200 hingga 600 mdpl. Jenis tanah yang cocok untuk pertumbuhan durian bawor adalah tanah lempung berpasir subur dan memiliki kandungan bahan organik.
Kualitas buahnya relatif baik, berwarna daging buah menarik, yakni jingga, berdaging buah tebal, rasanya enak, dan produktif. Keempat hal itu merupakan ciri durian unggul atau top. Tanaman juga genjah, berbuah perdana pada umur 3,5 tahun. “Pada musim kali ini adalah buah yang kedua,” tutur Andri. Dari satu pohon bawor mampu menghasilkan 20—30 buah. Menurut Andri pendapatan menjual bawor tergolong menggiurkan.

Lokasi Kampoeng Duren™

Lokasi Kampoeng Duren dalam wilayah pengelolaan PT RSA (Rumpun Sari Intan)

Kab. Pati

Desa: Karangsari
Kecamatan: Cluwak
Kabupaten: Pati
Provinsi: Jawa Tengah

Geo Location:  -6.526171, 110.938773
Plus Code: FWFQ+GH
Jarak ke Kota Terdekat = 25 Km
Altitude = 250 – 400 m.dpl

Kampoeng Duren™ Cluwak- Pati


Terletak di kaki gunung Muria, dengan udara yang mendukung pertumbuhan tanaman duren, menjadikan daerah ini sebagai daerah yang cukup favorit untuk tanaman durian.

Luas lahan tanam: 50 Ha   |   Jumah kavling: 5.000 kavling   |  Luas lahan ekowisata: 170 Ha  |  Ketinggian: 250-400 mdpl

Kab. Banyumas

Opening soon

Kab. Kendal

Opening soon

Kab. Cilacap

Opening soon